Panduan Belajar Internet Marketing untuk Pemula

Panduan Belajar Internet Marketing untuk Pemula:

Kemajuan teknologi akhir” ini yang makin pesat membuat kita semakin di mudahkan dalam memilih sesuatu, yang dulunya harus kepasar untuk membeli sesuatu, sekarang ini cukup dari handphone sudah bisa. Perubahan ini digunakan oleh banyak orang sebagai peluang usaha yang cukup menguntungkan. Namun masih banyak yang belum mengerti untuk menggunakan peluang usaha ini. Seorang pengusaha di dunia maya atau biasa di sebut internet marketing harus memahami beberapa hal seperti produk apa yang akan dipasarkan, persaingan di pasar dan bagaimana menjual produk tersebut. Maka disini saya coba menjelaskan hal-hal tersebut sehingga mudah di pahami:

 

Riset Produk

Riset produk adalah memilih sebuah produk yang akan di kita pasarkan lewat internet, entah itu sebagai dropship atau reseller sebuah Produk. Bagaimana kita memilih sebuah produk? Ini mungkin hal yang cukup sulit  bagi internet Pemula. Salah satu cara untuk memilih produk adalah bantuan Google lewat Google Trends untuk mendapatkan best seller dari Marketplace yang besar.

Berikut cara riset untuk mendapatkan sebuah produk dari Google Trends:

  1. Pastikan anda login lebih dahulu ke google kemudian membuka Google trends:

2. Di kotak pencarian, ketikkan produk yang coba kamu pasarkan. Misalnya “Tas Anak”.

3. Perhatikan grapik yang ada, apakah produk tersebut sering di cari atau hanya sesaat saja.

4. Jika grapik cenderung naik, maka produk tersebut masih cocok untuk di pasarkan, tetapi jika turun maka kamu harus mencoba produk yang lain.

 

Riset Persaingan

Setelah mendapatkan suatu Produk yang dianggap cocok untuk di pasarkan, maka langkah selanjutnya adalah riset persaingan pasar, yang di maksud pasar disini adalah pasar online bukan konvensional lagi. Dari sini kita bisa mengetahui pesaing yang kita hadapi untuk pemasaran produk kita. Cara termudah adalah untuk riset ini adalah mencari tahu produk kita di marketplace untuk menentukan harga jual kita nantinya. Biasanya menggunakan system leader pricing atau harga terendah dari harga pasaran dengan harapan konsumen akan beralih ke produk kita. Disini kita akan minim keuntungan tetapi mendapatkan order yang cukup besar.

 

Pemasaran

Pemasaran adalah langkah terakhir dari  Internet marketing ini. Ada beberapa strategy yang bisa di gunakan untuk pemasaran:

  • Facebook Marketing

Facebook adalah aplikasi media social yang paling cocok digunakan untuk memasarkan produk dimana hampir semua orang yang bisa terhubung ke internet menggunkan facebook. Di facebook kita bisa membuat sebuah Page untuk menaikkan Branding terhadap bisnis kita yang otomatis ikut menaikkan penjualan kita. Cara lain yaitu ikut Facebook Adds untuk market tertentu sesuai produk kita.

  • Instagram Marketing

Setelah Facebook maka Instagram adalah aplikasi kedua yang banyak digunakan sebagai media penjualan. Lewat Instagram Bisnis kita dapat memasarkan produk kita kesemua follower kita, semakin banyak follower akan semakin baik dalam pemasaran produk.

  • Youtube Marketing

Sekarang youtube juga semakin banyak digunakan untuk promosi produk yang ada. Caranya dengan mengupload produk kita ke youtube kemudian di sebarkan lewat media sosial. Atau mengupload ulang video viral yang ditambahkan video produk kita, atau ikut comment di video viral.

  • Website Marketing

Ini adalah cara yang cukup jitu dalam memasarkan produk, dimana konsumen dapat melihat kualitas dari brand kita sehingga mampu menaikkan Brand Bisnis kita.

  • SEO

Seo merupakan cara pemasaran untuk konsumen tertarget. Dimana kita bisa menempatkan produk kita di halaman pertama pencarian dari google. Ada 3 komponen dalam SEO yaitu keyword, on page dan page optimization.

  • Content Marketing

Dengan cara content marketing ini kita bisa memasarkan produk dengan menjual nilai manfaat dari produk Kita.

 

Demikianlah pembahasan untuk menjadi seorang internet marketing bagi pemula. Disini yang di butuhkan adalah niat dan keuletan dalam mengelola sehingga tetap bisa bertahan dari para pesaing yang semakin banyak. Terima Kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*